Karya Ilmiah

DOWNLOAD
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
SD/MI


PTK 1  
      
MENINGKATKAN KEBIASAAN SHOLAT LIMA WAKTU  MELALUI PEMBERIAN    MOTIVASI MULTI ASPEK PADA SISWA KELAS V SDN KEPUH 01 KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN  2008/2009

ABSTRAK

Kata Kunci: Peningkatan Sholat Lima Waktu

Penulis berasumsi bahwa pembiasaan sholat lima waktu masih minim dilaksanakan oleh anak, termasuk siswa-siswi SDN Kepuh 0I Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung  Khususnya kelas V, setelah kami tanyakan dikelas, hampir setiap kelas hanya rata-rata 15% yang terbiasa sholat lima waktu, itupun umumnya anak-anak Rohis. Kami berasumsi bahwa kebiasaan sholat lima waktu dapat ditingkatkan. Asumsi tersebut jelas memerlukan metode yang jitu.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan  metode yang akurat dalam memacu siswa  guna pembiasaan sholat lima waktu. 1. Judul PTK ini adalah “ Meningkatkan kebiasaan sholat lima waktu melalui  pemberian motivasi multi aspek”    Sholat dicanangkan oleh Allah SWT untuk membentuk kepribadian seorang muslim yang tangguh, dalam sholat Allah mengajarkan hidup disiplin, hidup sabar, bermasyarakat, mengajarkan hidup sehat, hidup bersih lahir dan batin, menahan dan pengendalian diri, berkomunikasi dengan Khaliknya, 2.  Permasalahan kurangnya kesadaran siswa untuk membiasakan sholat lima waktu. Inilah yang mendorong peneliti untuk mengkaji kebiasaan sholat lima waktu yang sudah jauh dari yang dicontohkan Rasulullah, beberapa kali survey kecil, setiap kelas yang kami survey tidak lebih 15 % yang sudah melaksanakan sholat lima waktu secara rutin lima kali sehari semalam, survey secara kwantitas belum lagi sebagai kwalitas tentu lebih banyak lagi. 3. Metode yang saya gunakan adalah pemberian motivasi melalui memperdalam kajian sholat, melalui kajian nikmat umumnya, melalui kajian diri pribadi siswa, melalui  video penciptaan Alam semesta. Sehingga semua potensi rohani dan jasmaninya bisa berfungsi dengan lebih baik.
 Sehingga terdorong untuk mensyukuri nikmat-Nya salah satunya adalah melakukan shalat lima waktu

Untuk lebih jelasnya monggo 
 Semoga bermanfaat dan tolong diberi komentarnya ya?




PTK 2
  Sertifikasi Siswa Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mengaplikasi           Pembelajaran  PAI di SDN Kepuh 01 Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran   2008/2009

ABSTRAKSI

Sulitnya siswa mengaplikasikan hasil pembelajaran, malas dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan di sekolah merupakan hal yang sering terjadi, hal ini disebabkan karena beberapa factor, baik karena pembelajaran yang gagal atau kurangnya dorongan untuk lebih aktif mengaplikasikan hasil pembelajaran tersebut.
Sangatlah perlu untuk diadakan penelitian agar diketahui penyebab utamanya dan bagaimana cara mengatasinya.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan di SDN KEPUH 01 Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung, yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 35 Anak.
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana karakter siswa pada umumnya dan bagaimana cara memperbaikinya sehingga didapatkan siswa yang aktif dalam proses pembelajaran.
Dari hasil penelitian yang dilakukan ternyata dengan menggunakan metode sertifikasi siswa dalam mengaplikasikan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat membangkitkan keaktifan siswa, terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kehadiran siswa dalam mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah dan adab terhadap guru serta kegiatan mengaji dirumah.
 Aplikasi penelitian ini diharapkan dapat diterapkan baik oleh diri sendiri maupun oleh teman sejawat apabila mempunyai permasalahan yang sama yaitu kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran yang kita bawakan.

Untuk lebih jelasnya monggo  
 Semoga bermanfaat dan tolong diberi komentarnya ya? 


 PTK 3
 PENJELASAN GURU SECARA SINGKAT DAPAT MENGHILANGKAN KEJENUHAN SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES PEMBELAJARAN PAIDI SDN KEPUH  01 KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG

ABSTRAKSI 
Siswa mengalami kejenuhan dalam proses pembelajaran memang merupakan permasalahan lama yang disebabkan oleh banyak factor. Faktor dominant adalah factor guru, bagaimana guru menjelaskan sehingga siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut. Banyolan dalam pembelajaran memang dapat mengurangi kondisi kejenuhan akan tetapi hal itu dapat mengganggu konsentrasi kelas lain.
Oleh karena itu diadakanlah penelitian dengan maksud agar permasalahan ini dapat diatasi dengan hasil penelitian yang dijalankan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif walaupun data yang didapat merupakan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan SDN 01 KEPUH Kec. Boyolangu Kab. Tulungagung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakter siswa pada sebagian besar jika dihadapkan kepada pembelajaran seperti biasa dan jika pembelajaran mengalami perubahan. Dan dapat ditentukan bagaimana cara mengatasinya sehingga didapatkan siswa yang gairah dalam mengikuti proses pembelajaran.
Aplikasi penelitian ini diharapkan dapat diterapkan baik oleh diri sendiri maupun oleh teman sejawat apabila mempunyai permasalahan yang sama yaitu kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran yang kita bawakan.

Untuk lebih jelasnya monggo 
DOWNLOAD 
Semoga bermanfaat dan tolong diberi komentarnya ya? 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar