DOWNLOAD
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
SD/MI
PTK 1
MENINGKATKAN KEBIASAAN SHOLAT LIMA WAKTU MELALUI PEMBERIAN MOTIVASI MULTI ASPEK PADA SISWA KELAS V SDN KEPUH 01 KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2008/2009
ABSTRAK
Kata
Kunci: Peningkatan Sholat Lima
Waktu
Penulis berasumsi bahwa pembiasaan sholat lima waktu
masih minim dilaksanakan oleh anak, termasuk siswa-siswi SDN Kepuh 0I Kecamatan
Boyolangu Kabupaten Tulungagung Khususnya
kelas V, setelah kami tanyakan dikelas, hampir setiap kelas hanya rata-rata 15%
yang terbiasa sholat lima waktu, itupun umumnya anak-anak Rohis. Kami berasumsi
bahwa kebiasaan sholat lima
waktu dapat ditingkatkan. Asumsi tersebut jelas memerlukan metode yang jitu.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan
metode yang akurat dalam memacu siswa guna pembiasaan sholat lima waktu. 1. Judul PTK
ini adalah “ Meningkatkan kebiasaan sholat lima waktu melalui
pemberian motivasi multi aspek” Sholat dicanangkan oleh Allah SWT
untuk membentuk kepribadian seorang muslim yang tangguh, dalam sholat Allah
mengajarkan hidup disiplin, hidup sabar, bermasyarakat, mengajarkan hidup
sehat, hidup bersih lahir dan batin, menahan dan pengendalian diri,
berkomunikasi dengan Khaliknya, 2. Permasalahan kurangnya kesadaran siswa
untuk membiasakan sholat lima
waktu. Inilah yang mendorong peneliti untuk mengkaji kebiasaan sholat lima waktu yang sudah jauh dari yang dicontohkan
Rasulullah, beberapa kali survey kecil, setiap kelas yang kami survey tidak
lebih 15 % yang sudah melaksanakan sholat lima
waktu secara rutin lima
kali sehari semalam, survey secara kwantitas belum lagi sebagai kwalitas tentu
lebih banyak lagi. 3. Metode yang saya gunakan adalah pemberian motivasi
melalui memperdalam kajian sholat, melalui kajian nikmat umumnya, melalui
kajian diri pribadi siswa, melalui video penciptaan Alam semesta.
Sehingga semua potensi rohani dan jasmaninya bisa berfungsi dengan lebih baik.
Sehingga
terdorong untuk mensyukuri nikmat-Nya salah satunya adalah melakukan shalat lima waktu
Untuk lebih jelasnya monggo
Semoga bermanfaat dan tolong diberi komentarnya ya?
PTK 2
PTK 2
Sertifikasi
Siswa Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Mengaplikasi
Pembelajaran PAI di SDN Kepuh 01
Kecamatan Boyolangu Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2008/2009
ABSTRAKSI
Sulitnya siswa mengaplikasikan
hasil pembelajaran, malas dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan di sekolah
merupakan hal yang sering terjadi, hal ini disebabkan karena beberapa factor,
baik karena pembelajaran yang gagal atau kurangnya dorongan untuk lebih aktif
mengaplikasikan hasil pembelajaran tersebut.
Sangatlah perlu untuk diadakan
penelitian agar diketahui penyebab utamanya dan bagaimana cara mengatasinya.
Penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan metode kualitatif yang dilaksanakan di SDN KEPUH 01 Kecamatan
Boyolangu Kabupaten Tulungagung, yaitu siswa kelas IV dengan jumlah 35 Anak.
Penelitian dilakukan dengan tujuan
untuk mengetahui bagaimana karakter siswa pada umumnya dan bagaimana cara
memperbaikinya sehingga didapatkan siswa yang aktif dalam proses pembelajaran.
Dari hasil penelitian yang
dilakukan ternyata dengan menggunakan metode sertifikasi siswa dalam
mengaplikasikan hasil pembelajaran Pendidikan Agama Islam dapat membangkitkan
keaktifan siswa, terbukti dengan adanya peningkatan prosentase kehadiran siswa
dalam mengikuti kegiatan keagamaan di sekolah dan adab terhadap guru serta
kegiatan mengaji dirumah.
Aplikasi penelitian ini diharapkan dapat
diterapkan baik oleh diri sendiri maupun oleh teman sejawat apabila mempunyai
permasalahan yang sama yaitu kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran
yang kita bawakan.
Untuk lebih jelasnya monggo
Semoga bermanfaat dan tolong diberi komentarnya ya?
PTK 3
Untuk lebih jelasnya monggo
DOWNLOAD
Semoga bermanfaat dan tolong diberi komentarnya ya?
PTK 3
PENJELASAN
GURU SECARA SINGKAT DAPAT MENGHILANGKAN KEJENUHAN SISWA DALAM MENGIKUTI PROSES
PEMBELAJARAN PAIDI SDN KEPUH 01
KECAMATAN BOYOLANGU KABUPATEN TULUNGAGUNG
ABSTRAKSI
Siswa mengalami kejenuhan dalam proses
pembelajaran memang merupakan permasalahan lama yang disebabkan oleh banyak
factor. Faktor dominant adalah factor guru, bagaimana guru menjelaskan sehingga
siswa tidak merasa jenuh dalam mengikuti proses pembelajaran tersebut. Banyolan
dalam pembelajaran memang dapat mengurangi kondisi kejenuhan akan tetapi hal
itu dapat mengganggu konsentrasi kelas lain.
Oleh karena itu diadakanlah penelitian dengan
maksud agar permasalahan ini dapat diatasi dengan hasil penelitian yang
dijalankan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian
kualitatif walaupun data yang didapat merupakan kuantitatif. Penelitian ini
dilakukan SDN 01 KEPUH Kec. Boyolangu Kab. Tulungagung
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana karakter siswa pada sebagian besar jika dihadapkan kepada
pembelajaran seperti biasa dan jika pembelajaran mengalami perubahan. Dan dapat
ditentukan bagaimana cara mengatasinya sehingga didapatkan siswa yang gairah
dalam mengikuti proses pembelajaran.
Aplikasi penelitian ini diharapkan dapat
diterapkan baik oleh diri sendiri maupun oleh teman sejawat apabila mempunyai
permasalahan yang sama yaitu kurang aktifnya siswa dalam mengikuti pembelajaran
yang kita bawakan.
Untuk lebih jelasnya monggo
DOWNLOAD
Semoga bermanfaat dan tolong diberi komentarnya ya?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar